Giling Tebu Dimulai di PG Tersana Baru

 



Selamatan giling menandai dimulainya proses giling tebu di PG Tersana Baru 


Cirebon – Pabrik Gula (PG) Tersana Baru mulai melakukan giling tebu. Setelah itu proses giling tebu juga akan dilakukan di PG Sindanglaut dan PG Jatitujuh di wilayah kerja PT PG Rajawali II.

 

Direktur Utama PT. PG Rajawali II, Ardian Wijanarko, menjelaskan proses giling tebu 2024 telah dimulai. “Dimulai dari PG Tersana Baru hari ini,” tutur Ardian, Rabu, 22 Mei 2024. Setelah itu dilanjutkan di PG Sindanglaut dan PG Jatitujuh yang merupakan pabrik gula di wilayah kerja PT PG Rajawali II.

 

Ardian pun menegaskan bahwa tiga pabrik gula itu siap untuk memulai proses giling tebu dan memasok gula untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

 

Sementara itu  General Manajer PG Tersana Baru, Wisri Mustofa, menjelaskan hari ini proses giling tebu mulai dilakukan di pabrik gula Tersana Baru. “Dimulai dengan selamatan giling yang dilakukan hari ini,” tutur Wisri. Selamatan giling merupakan proses kearifan lokal yang biasa digelar sebelum memulai giling tebu dengan maksud untuk diberikan kelancaran dan produksi gula yang berlimpah.

 

Untuk musim giling tahun ini, lanjut Wisri, pihaknya menargetkan produksi gula sebanyak 296.230 kuintal, produksi hablur sebanyak  295.334 kuintal  dan tetes tebu sebanyak 196.874 kuintal. “Dengan target rendemen 7,5 persen,” tutur Wisri. Tebu yang digiling di PG Tersana Baru berasal dari 5.942,402 hektar lahan milik petani.

 

Pada kesempatan itu Wisri  juga yakin pihaknya mampu untuk memenuhi target yang telah ditentukan. “Kami optimis target yang telah ditetapkan bisa tercapai,” tutur Wisri. (Hid)

 

 

 

 

 

 


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama