Sejarah Trusmi, Desa Batik di Cirebon

 

Karyawan di salah satu showroom batik di Desa Trusmi



Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, dikenal sebagai kampungnya perajin batik Cirebon. Keahlian membatik diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

 

Pegiat budaya dan pendiri komunitas Kendi Pertula Cirebon, Raden Chaidir Susilaningrat menjelaskan batik merupakan salah satu kearifan lokal di Indonesia, termasuk di Cirebon. Saat ini batik di Cirebon memang bisa dilihat terpusat di Trusmi. “Keberadaan perajin batik di Trusmi sudah ada sejak Padukuhan Cirebon berdiri,” tutur Chaidir. Padukuhan ini merupakan asal muasal Cirebon menjadi keratin yang dibuka oleh mbah Kuwu Cirebon.

 

Menurut penutur sejarah, batik diajarkan oleh leluhur Trusmi yaitu Ki Buyut Trusmi. Kualitas batik yang dihasilkan perajin batik Trusmi dikenal sangat bagus. “Bahkan kualitasnya tidak kalah dari perajin-perajin batik yang ada di keraton,” tutur Chaidir. Hingga akhirnya batik buatan perajin di Trusmi digunakan oleh orang-orang keraton.

 

Di sinilah kemudian muncul dua motif batik yang populer saat itu, yaitu motif batik keraton dan motif batik pesisiran. Motif batik keraton mengambil sesuatu yang berhubungan dengan keraton. Seperti motif Siti Inggil, motif singa barong, motif taman sari dan lainnya yang ada di lingkungan keraton. Motif batik keraton ini dulunya hanya digunakan di lingkungan keraton.

 

Sedangkan motif pesisiran terlihat lebih dinamis, bebas, warna cerah dan terinspirasi dari alam. Seperti motif ikan, tanaman, bunga dan lainnya. Motif ini kemudian semakin berkembang seiring dengan masuknya orang-orang Tionghoa di Cirebon. Sejumlah motif batik  Cirebon diadaptasi dari  motif Tionghoa, salah satunya motif mega mendung yang sudah terkenal dan menjadi ciri khas motif batik Cirebon. “Ada yang menyebutkan motif mega mendung yang menggambarkan  awan dan pegunungan terinspirasi dari hiasan Tionghoa. Walaupun sebenarnya tidak benar-benar sama,” tutur Chaidir.

 

Ratusan motif batik kini sudah dihasilkan perajin batik di Cirebon, termasuk di Trusmi. Adanya kreator-kreator batik juga menambah beragamnya motif batik Cirebon. (Hid)

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama