Perkumpulan Plat R di Cirebon Jalin Silaturahim

 


Cirebon – Perkumpulan plat R  yang tinggal di wilayah Cirebon melakukan silaturahmi. Berbagai pertunjukkan khas karisidenan Banyumas pun ditampilkan.

 

Perkumpulan plat R merupakan perkumpulan orang-orang yang berasal di eks karisidenan Banyumas seperti Purbalingga, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara dan Purwokerto namun tinggal di wilayah Cirebon. Silaturahmi dilakukan di rumah kediaman lurah ngapak, Fifi Sofiah. “Berbagai kesenian khas daerah kami juga ditampilkan,”tutur Fifi, Minggu (5/2/2023).

 

Ada pun kesenian yang ditampilkan diantaranya bujang ganong, ebeg, reok, lengger, barongan dan reog banyumasan.  Warga Cirebon yang ada di sekitar kediaman Fifi pun berbondong-bondong menyaksikan pertunjukkan seni dan budaya tersebut.

 

Dijelaskan Fifi, perkumpulan plat R, yang merupakan nomor polisi untuk kendaraan di eks karisidenan Banyumas, saat ini memiliki anggota sekitar 1.500 orang. Silaturahmi  hari ini yang pertama kali digelar dengan harapan selain memperkenalkan juga semakin banyak orang yang berasal dari Banyumas dan sekitarnya yang ikut bergabung.

 

Perkumpulan plat R, lanjut Fifi, juga siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah di wilayah Cirebon untuk turut memajukan pembangunan di segala aspek. “Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Tentu kita juga siap untuk berkolaborasi termasuk memajukan kesenian di Cirebon,” tutur Fifi.

 

Sementara itu Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, menyambut baik kegiatan tang digelar oleh perkumpulan plat R. “Kami tentu mendukung kemajuan budaya dan seni dari plat R ini,” tutur Imron.

 

Dijelaskan Imron, keberadaan perkumpulan plat R ini juga menunjukkan bahwa Kabupaten Cirebon masyarakatnya juga terdiri dari berbagai suku. “Itulah kekayaan Kabupaten Cirebon,” tuturnya. Imron yang juga telah dikukuhkan sebagai bapak angkat pembina plat R semua orang yang ada di Kabupaten Cirebon, dari suku mana pun, bisa turut serta memajukan pembangunan di Kabupaten Cirebon. “Dengan adanya perkumpulan ini, bisa saling silaturahmi,” tuturnya. Dengan adanya perkumpulan ini pula maka orang yang sudah sukses bisa membantu orang yang belum sukses. (ris)

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama