Di Forum T20, Kuwu Cangkingan Paparkan Pentingnya Ekonomi Digital

 



Indramayu – Kuwu (kepala desa) Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu paparkan pemanfaatan ekonomi digital yang telah dilakukan di desa mereka.

 

Kuwu Desa Cangkingan, Didi Wahyudi, memaparkan pemanfaatan secara ekonomi keberadaan Desa Digital Cangkingan. Desa Cangkingan merupakan desa pertama yang telah melakukan transformasi digital berbasis teknologi dan informasi . “Setelah melaksanakan desa digitala/lebu digital secara ekonomi banyak perubahan yang terjadi di Desa Cangkingan,” tutur Didi.

 

Melalui website cangkingan.desa.id Pemdes Cangkingan menjadikan sebagai marketplace para pelaku UMKM di desanya. Pelaku UMKM difasilitasi untuk berjualan secara online dan diberikan pelatihan digital marketing, hasilnya produk UMKM Desa Cangkingan sudah tersebar di mana-mana. Penjual merasakan peningkatan omzet dagangannya dan meningkatkan pula pendapatan keluarganya.

 

Selain itu, lanjut Didi, dengan berjualan secara online sapi-sapi dari sentra peternakan Desa Cangkingan juga telah terjual habis pada saat jelang Idul Adha lalu. Laris manisnya ternak dari Desa Cangkingan ini akhirnya banyak masyarakat yang mencoba alih profesi jadi peternak karena sangat menguntungkan.

 

"Setelah menerapkan desa digital atau lebu digital ini sekarang manfaatnya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat dan kami dari pemerintahan," tegas Didi dalam paparannya yang disambut meriah.

 

Pemaparan kuwu Cangkingan dilakukan di forum Think20 (T20) untuk menuju Group of Twenty (G20) di salah satu hotel di Bandung. Kuwu Cangkingan menjadi satu-satunya kepala desa di Indonesia yang menjadi pembicara dalam forum tersebut.

 

Sementara itu, Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi, mengatakan kehadiran kuwu desa Cangkingan, pada forum T20 tersebut tentu saja sangat membanggakan bagi Kabupaten Indramayu. Pasalnya, secara langsung Kuwu Cangkingan menjadi duta bagi promosi Kabupaten Indramayu di dunia internasional dalam melakukan transformasi digital di bidang tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan desa, layanan publik, maupun pemberdayaan masyarakat.

 

Menurut Atang, salah satu keberhasilan program unggulan Bupati Indramayu yaitu Lebu Digital bisa dilihat dari Desa Cangkingan. Digitalisasi di Desa Cangkingan secara bertahap terus dilakukan sehingga sangat bermanfaat bagi pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta lainnya. (ris)

 

 


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama