Sejarah Formula E dan Misi yang Diembannya

 

www.fiaformulae.com 


Pintasnews --  Setelah tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19, gelaran balapan Formula E akhirnya digelar hari ini, Sabtu, 4 Juni 2022 di Jakarta.

 

Formula E seri 9 di Jakarta bertajuk Jakarta E-Prix merupakan kejuaraan balap mobil listrik kursi tunggal berrbasis kota. Bagi pecinta balap mobil listrik pasti tidak asing dengan ajang balap tahunan ini. Namun bagi masyarakat awam, mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang balap Formula E termasuk sejarahnya.

 

Ide kompetisi balap mobil listrik kursi tunggal digagas oleh Jean Todt dan Alejandro Agag pada 3 Maret 2011 di Paris. Jean Todt merupakan presiden dari badan pengatur balap motor dunia Federasi Otomotif Internasional (FIA) sedangkan Alejandro Agag merupakan pendiri dan kepala eksekutif dari Formula E Holdings.

 

Dari situs resmi Formula E disebutkan bahwa misi pendirian Formula E dilakukan untuk mendorong mobilitas dan keberlanjutan kendaraan bertenaga listrik di masa depan. Melalui pertimbangan yang matang, akhirnya Formula E memulai debutnya di Tiongkok pada September 2014.  Sebanyak 12 tim bertanding pada kejuaraan awal Formula E. masing-masing tim terdiri dari dua pembalap. Balapan berlangsung di sirkuit jalan raya dengan panjang 19 hingga 24 kilometer.

 

Kini, balapan diikuti oleh 11 tim dengan 22 pembalap. Formula E kemudian mendapatkan status sebagai kejuaraan dunia sejak 2020.

 

Untuk format balapan dilakukan sehari penuh. Dumulai dengan dua sesi latihan bebas di pagi hari. Sesi pertama berdurasi 45 menit  diikuti sesi kedua berdurasi 30 menit. Selama sesi ini, pembalap bebas menggunakan output daya kualifikasi penuh yaitu 250 kW atau setara dengan 335 bhp.

 

Selanjutnya sesi kualifikasi berlangsung pada siang hari berdurasi sekitar satu jam. Pembalap dibagi menjadi dua tim grup berdasarkan posisi mereka di klasemen kejuaraan. Mereka yang berada di klasemen bernomor ganjil maka masuk ke grup A sedangkan yang bernomor genap masuk ke grup B. (van)

 

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama