Jadikan Difabel Mandiri dan Berkarya

 


Cirebon – Difabel bukanlah sekumpulan orang yang tidak berdaya. Pengembangan potensi harus dilakukan sehingga mereka dapat mandiri dan bermanfaat untuk orang di sekitarnya.  

 

Ketua Oemah Cirebon Inklusi (OCI), Siti Hartinah, menjelaskan selama ini keberadaan OCI di Kabupaten Cirebon berupaya untuk mewadahi dan memberikan kenyamanan bagi teman-teman difabel di Kabupaten Cirebon. “Kami bersama-sama teman-teman difabel terus berupaya untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki,” tutur Tinah, panggilan Siti Hartinah, Ahad, 12 Juni 2022.

 

Dengan mengembangkan potensi yang dimiliki Tinah yakian teman-teman difabel tidak akan menjadi beban bagi orang lain. Mereka dapat berkarya dan mandiri bahkan keberadaannya dapat memberikan manfaat bagi sesama.

 

Namun diakui TInah, mereka tidak bisa berjalan sendiri. Untuk itu pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik rencana kolaborasi dengan MIS Foundation. “Kolaborasi dengan MIS Foundation tentu ke depan kami berharap bisa lebih mandiri, maju dan bermanfaat lagi bagi bagi pengurus, anggota dan masyarakat secara luas,” tutur Tinah.

 

Sementara itu Direktur Mira Imam Saputra (MIS) Foundation, drg. Mira Indrasyari,  saat menemui pengurus OCI menjelaskan mereka menginisiasi dan mengajak OCI berkolaborasi di bidang sosial. “Tujuannya agar lebih banyak memberikan manfaat bagi para difabel,” tutur Mira. Sehingga teman-teman difabel dapat mandiri dan mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki.

 

Ditambahkan Mira, MIS Foundation akan menjadi inisator dan berkolaborasi untuk kemandirian para difabel yang tergabung dalam OCI. “Negara saat ini belum maksimal membantu difabel. Untuk itu dibutuhkan peran dari berbagai pihak untuk mewujudkan kemandirian dan pengembangan potensi difabel,” tutur Mira.

 

Mereka, lanjut Mira, juga akan menjadi inisiator dan  fasilitator ke stakeholdere lainnya terutama pihak swasta agar program serta kegiatan para difabel lebih optimal dalam mewujudkan kemandirian. “Lewat CSR pihak swasta, kita akan maksimalkan peran serta potensi para difabel,” tutur Mira. (ris) 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama