Balapan Formula E Digelar Hari Ini di Ancol

 

www.fiaformulae.com


Pintasnews – Ajang balap Formula E Jakarta resmi digelar hari ini. Sesi latihan dimulai sejak pagi tadi yang diikuti oleh pembalap.

 

Ajang balapan dengan nama resmi Jakarta E-Prix  digelar hari ini, Sabtu, 4 Juni 2022 di kawasan Ancol, Jakarta. Gelaran Formula E yang pertama kali di Indonesia ini  juga disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi di Indonesia, seperti Metro TV, RCTI, iNews TV dan streaming RCTI Plus.

 

Formula E merupakan kompetisi balap mobil menggunakan mesin listrik. Kecepatannya tak tanggung-tanggung, maksimla hingga 280 km per jam. Jakarta E-Prix merupakan seri ke 9 dalam kalender Formula E musim 2021/2022.

 

Berdasarkan jadwal yang dirilis, pembalap melakukan latihan bebas atau free practice 1 (FP1) mulai pukul 07.15 WIB dan dilanjutkan FP2  pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan race Formula E dimulai sore nanti yaitu pukul 15.00 WIB.

 

Formula E di Jakarta diikuti oleh 11 tim dengan 22 pembalap.  Tim berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Prancis, Monako, Inggris, China, India dan Amerika Serikat.

 

Sekalipun sama-sama berada di bawah naungan Federation Internationale de Automobile (FIA), format balapan Formula E sedikit berbeda dibandingkan Formula 1 (F1).  Untuk Formula E biasanya berlangsung satu hari penuh, mulai pagi hingga sore. Sedangkan F1 berlangsung tiga hari dan dimulai dengan latihan bebas terlebih dahulu pada Jumat.

 

Sedangkan Formula E dimulai dari sesi latihan bebas selama dua kali di pagi hari dilanjutkan sesi kualifikasi dan race atau balapan berlangsung sore hari. Semuanya dipadatkan di satu hari.

 

Hingga delapan seri berlangsungnya Formula E, Vaandoorne dari Mercedes-EQ masih merajai di klasemen pembalap. Pria asal Belgia tersebut mengoleksi 111 poin atau unggul 12 angka darai Edoarado Mortara (ROKiT Venturi Racing). (van)

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama