Persiapan Keberangkatan Haji, Wakil Gubernur Jawa Barat Lantik 21 PPIH

 


Bandung – Setelah dua tahun ditiadakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat kini bersiap melakukan penyelenggaraan ibadah haji. Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum melantik petugas penyeleggara ibadah haji (PPIH) pun dilantik.

 

Hari ini, Sabtu, 21 Mei 2022, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum melantik 21 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) embarkasi Jakarta-Bekasi tahun 2022 di UPT Asrama Haji Bekasi, Kota Bekasi. Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Menteri Agama Republik .Indonesia No 436 tahun 2022.

 

“Saya berharap. PPIH mampu memberikan pelayanan prima dan baik,” tutur Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Ini dikarenakan keberadaan mereka juga membawa citra Pemprov Jabar. “Kalau pelayanan mereka baik, maka citra pun baik. Tapi sebaliknya, kalau pelayanan mereka kurang baik maka kami pun selaku pemerintah cit.ranya akan kurang baik,” tutur Uu.

 

Sedangkan kepada jemaah yang akan berangkat, Uu juga berpesan  agar mulai menyiapkan mental dan fisik dalam menunaikan ibadah haji.  Mulai dari sekarang, jemaah calon haji yang akan berangkat diminta untuk mempersiapkan diri. Mulai dari memperbanyak berolahraga, mejnaga pola makan dan pikiran juga harus tenang.

 

“Ingat, ibadah haji adalah ibadah fi'li bukan ibadah qaoli. Artinya, gerakan-gerakan badan kita yang menjadi substansi ibadah kita di Mekah. Mulai dari sai, wukuf, jumroh dan tawaf_itu kan semua ibadah _fi'li,"  tutur Uu. Selanjutnya Uu juga berharap Jemaah yang berangkat menunaikan ibadah akan menjadi haji mabrur,  diberi kelancaran dan kesehatan dalam beribadah, serta diberi keselamatan selama keberangkatan dan kepulangan ke Tanah Air.

 

Sementara itu staf khusus Menteri Agama, Nurjaman, menyampaikan amanat dari Menteri Agama RI pada PPIH yang telah dilantik, bahwa Kementerian Agama bertugas memberikan layanan ibadah pada para calon jemaah, maka berikan layanan yang terbaik.  "Dua tahun jemaah haji Indonesia batal berangkat untuk melaksanakan ibadah. Dan tahun ini, alhamdulillah mendapatkan kesempatan walaupun dengan keterbatasan jumlah hanya 48 persen dari total jemaah," ungkapnya.

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam menuturkan, selain dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan PPIH diberikan pula pembinaan bagaimana melayani para jemaah dengan sebaik mungkin. Dirangkaikan pula Meal Test untuk para jemaah selama penerbangan menuju Madinah.  "Penerbangan jemaah haji akan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines jenis Boeing 777 dengan kapasitas kurang lebih 400 penumpang," jelas Ajam. (van)

 

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama