Pendaftar Haji di Indramayu Didominasi Usia Muda

 

 

Indramayu --  Minat masyarakat Indramayu untuk mendaftar haji tetap tinggi. Antrian untuk menunaikan ibadah haji pun semakin panjang didominasi usia muda.

 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Wahyudin, menjelaskan sekalipun selama pandemi Covid-19 ibadah haji ditutup sementara, tidak menyurutkan minat masyarakat Kabupaten Indramayu untuk mendaftar haji.

 

“Minat masyarakat Indramayu untuk mendaftar haji tetap tinggi. Bahkan kini didominasi kalangan muda,” tutur Wahyudin, Jumat, 20 Mei 2022.  Dijelaskan Wahyudin, pendaftar haji di Kabupaten Indramayu rata-rata sepuluh orang perhari. Dari jumlah tersebut pendaftar didominasi kelompok usia muda. Yaitu di kisaran 20-30 tahun. “Bahkan ada pula yang masih usia pelajar dan mahasiswa. Mereka didaftarkan oleh orangtuanya,” tutur Wahyudin.

 

Masih tingginya minat pendaftar haji menurut Wahyudin menunjukkan kesadaran orangtua di Kabupaten Indramayu mengenai ibadah haji anak-anak mereka meningkat. Orang tua mendorong anak-anak mereka untuk menjadikan ibadah haji sebagai cita-cita.

 

Namun seiring dengan  merebaknya pandemi Covid-19 dan pembatasan ibadah haji tahu ini membuat daftar tunggu haji semakin panjang. Dalam kondisi normal, kuota haji untuk Kabupaten Indramayu mencapai 1.773 orang. Yang berarti masa tunggu haji di Kabupaten Indramayu.

 

Sedangkan untuk tahun ini, kuota haji bagi Kabupaten Indramayu menurun drastis hingga hanya 817 orang. Dengan jumlah kuota tersebut, maka daftar tunggu haji di Kabupaten Indramayu menjadi 40 tahun. (van) 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama