Minuman Ini Ditemukan dari Ketidaksengajaan

 

from freepik 

Pintasnwes.com – Kita tentu sudah akrab dengan teh. Bahkan teh sudah menjadi minuman yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat. Penyeduhannya pun beragam, ada yang diminum hangat, dingin, menggunakan maupun tanpa gula. Bahkan variasi teh juga beragam dengan mencampurkan minuman lainnya, seperti susu. Namun tahukah Anda sejarah ditemukannya teh?

 

Sejarah perjalanan teh sebenarnya cukup panjang. Dimulai sekitar 5.000 tahun atau 2737 sebelum Masehi. Dilansir dari Alimentarium, seorang kaisar China, Shen Nong  tengah berkeliling untuk mencari tanaman obat baru. Saat lelah, ia memutuskan untuk beristirahat di bawah pohon dan merebus air untuk melepas dahaga. Ternyata beberapa lembar dari daun itu jatuh ke minumannya. Tak membuang daun, Shen Nong justru tetap meminum air yang sudah ada daun nya tersebut. Setelahnya, pun merasa badannya menjadi lebih segar.

 

Sejak itu kaisar Shen Nong memperkenalkan minuman yang diseduh dengan daun tersebut. Minuman itu mejadi minuman khusus di istana kaisar dan minuman ini yang kemudian disebut sebagai asal mula teh.

 

Teh kemudian menyebar ke berbagai negara lain. Sekitar abad ke 12 teh mejadi kebiasaan di Jepang. Orang China yang bepergian juga membawa teh ke berbagai negara di Asia termasuk Indonesia.

 

Sedangkan di Eropa teh dibawa oleh misinonaris yang datang ke Asia. Misionaris Belanda pulang membawa teh pada abad ke 17 hingga akhirnya teh pun meyebar ke seluruh Eropa bahkan mejadi kebiasaan baru orang Inggris.

 

Di masa penjajahan, colonial banyak membuka perkebunan teh di daerah tingg yang subur, termasuk di Indonesia. (van)

 


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama