Ini Jumlah Kuota Haji Asal Kabupaten Indramayu

 


Indramayu – Kuota haji dari Kabupaten Indramayu tahun ini hanya 817 orang.  Kuota haji tahun ini hanya 46 persen dari kuota haji normal.

 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Wahyudin, menjelaskan kuota haji Kabupaten Indramayu tahun ini menurun drastis. “Kuota haji yang diputuskan untuk Kabupaten Indramayu hanya 817 orang,” tutur Wahyudin, Rabu, 18 Mei 2022.  Padahal dalam kondisi normal, kuota haji asal Kabupaten Indramayu mencapai 1.773 orang.

 

Ini berarti kuota haji dari Kabupaten Indramayu hanya 46 persen dari calon jamaah haji Indramayu yang tahun ini berangkat ke tanah suci.  Selain 817 calhaj yang sudah masuk daftar keberangkatan haji, lanjut Wahyudin, adapula 163 orang yang masuk daftar cadangan. Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan adanya calhaj yang gagal berangkat, di antaranya karena meninggal dunia.

 

Penurunan kuota jamaah haji tahun ini menurut Wahyudin dikarenakan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. “Pandemi Covid-19 juga masih berlangsung,” tuturnya. Penurunan kuota calon jemaah haji tersebut menurut Wahyudin tidak hanya terjadi di Kabupaten Indramayu namun juga daerah lainnya di Indonesia.

 

“Keberangkatan haji tahun ini tetap harus disyukuri,” tutur Wahyudin. Ini dikarenakan keberangkatan haji sebelumnya telah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19.

 

Selanjutnya dengan berkurangnya kuota haji tahun ini, maka daftar tunggu haji di Kabupaten Indramayu menjadi bertambah panjang. Dengan kuota hanya 817 orang, maka daftar tunggu haji menjadi 40 tahun. (Van)

 

 

 

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama