Calon Haji Asal Indramayu Tetap Berangkat Melalui Bandara Soekarno Hatta

 


Indramayu – Calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Indramayu belum bisa menikmati pemberangkatan haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Indramayu, Wahyudin, menjelaskan tahun ini calhaj asal Kabupaten Indramayu akan tetap berangkat melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. “Itu keputusan pemerintah pusat,” tutur Wahyudin, Senin, 23 Mei 2022.  Calhaj asal Kabupaten Indramayu juga harus transit di embarkasi Pondok Gede, Bekasi, sebelum terbang.

 

Dijelaskan Wahyudin, embarkasi Indramayu yang yang kini sedang dalam proses pembangunan, belum siap sepenuhnya untuk digunakan pada keberangkatan haji tahun ini. “Ada sejumlah fasilitasn yang masih dalam proses pembangunan, diantaranya masjid,” tutur Wahyudin. Sedangkan pembangunan asrama haji, gudang, aula maupun perkantoran di embarkasi Indramayu memang sudah rampung.

 

Seperti diketahui embarkasi Indramayu nantinya digadang-gadang sebagai salah satu embarkasi terbesar di Indonesia. Embarkasi itu rencananya juga akan dilengkapi dengan tempat manasik haji yang dilengkapi miniatur kabah, rumah sakit serta simulasi naik pesawat persis seperti naik pesawat asli. ‘’Semoga tahun depan Embarkasi Indramayu sudah beroperasi,’’ tutur Wahyudin.

 

Wahyudin menambahkan ada 817 calhaj asal Kabupaten Indramayu yang akan berangkat haji tahun ini. “Mereka sudah 100 persen melunasi biaya perjalanan ibadah haji,” tutur Wahyudin.  Nantinya calhaj asal Kabupaten Indramayu itu tergabung dalam kloter 10 dan kloter 11. Selain itu, ada sisa sembilan orang calhaj yang digabung dengan kloter dari daerah lain.

 

Untuk kloter 10, terang Wahyudin, para calhaj akan take off di Madinah pada 9 Juni 2022. Mereka akan berangkat dari Kabupaten Indramayu ke embarkasi Pondok Gede pada 8 Juni 2022. Sedangkan calhaj yang masuk kloter 11, akan take off di Madinah pada 10 Juni 2022. Mereka akan berangkat dari Kabupaten Indramayu menuju embarkasi pada 9 Juni 2022. (van)

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama