Koin Menempel di Bekas Suntikan Vaksin Covid-19, Ini Penjelasannya

 

Petugas tengah melakukan skrining warga yang akan divaksin 

Vaksinasi Covid-19 gencar dilakukan pemerintah. Vaksin merupakan ikhtiar untuk membentuk herd immunity atau kekebalan dalam suatu populasi. Namun di media sosial saat ini justru marak beredar sebuah video yang memperlihatkan sebuah koin pecahan seribu rupiah tertempel di lengan seseorang.

Uang tersebut diklaim menempel setelah diletakkan tepat di area bekas suntikan vaksin Covid-19. Disebutkan pula jika vaksin  Covid-19 yang masuk ke tubuh mengandung magnet.

Dilansir dari laman covid19.go.id, juru bicara Covid-19 Kementrian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan berita tersebut tidak benar alias hoax. Dijelaskan Siti, jumlah vaksin yang disuntikkan dan masuk ke dalam tubuh hanya 0,5 cc. Vaksin itu juga langsung menyebar ke seluruh jaringan sekitar dan tidak ada yang tersisa.  

Logam dapat menempel pada permukaan kulit yang lembab, seperti karena keringat.

Sedangkan Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro menjelaskan lubang jarum suntik sangat kecil. “Tidak ada partikel magnetik yang bisa lewat,” tegasnya.

Untuk cairan vaksin yang disuntikkan mengandung protein, garam, lipid, pelarut dan tidak ada yang mengandung logam. (Tim)

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama