Kenapa Harus Menulis? Ini Alasannya

 

Image from Freepik

Menulis ternyata tidak hanya bermanfaat melatih keterampilan. Namun memiliki banyak manfaat lainnya, Termasuk manfaat dari segi kesehatan. Berikut manfaat yang didapatkan jika kita rajin meluangkan waktu untuk menulis yang dirangkum pintasnews.comdari berbagai sumber.

1.    Meredakan stres

Dengan menulis beragam perasaan yang ada pada diri bisa terluapkan. Rasa sedih, emosi, kemarahan, hingga kekecewaan dapat tumpah dan keluar dengan menulis.

Dengan menulis, sesuatu yang ‘mengganjal’ dalam diri bisa keluar dan Anda terhindar dari stres.

2.    Tempat menuangkan ekspresi

Selain menuangkan kesedihan, emosi dan kekecewaan, ekpresi kegembiraan juga dapat disalurkan dengan menulis.

Menyalurkan kegembiraan dengan menulis bisa menularkan kegembiraan yang sama kepada orang lain, terutama yang membaca tulisan kita.

3.    Memecahkan masalah

Menulis dapat melatih dua bagian otak, kiri dan kanan hingga mampu membuka sisi kreatif dan intuisi. Sisi ini yang mampu membantu Anda untuk mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi.

4.    Memperkuat daya ingat

Saat mulai proses menulis yang bekerja sesungguhnya tidak hanya tangan dan mata. Namun otak juga ikut bekerja.

Pekerjaan otak dimulai saat pencarian ide, membuat kerangka penulisan hingga akhirnya tulisan itu selesai.

Baca juga "Ini Tips Mudah Belajar Menulis"

5.    Memperbaiki suasana hati atau mood

Seringkali mood jelek datang tiba-tiba yang kita tidak tahu apa sebabnya. Dengan berupaya menulis suasana hati dan kegiatan yang dilakukan setiap hari, pemicu datangnya mood jelek bisa dikenali.

6.    Menjadikan hidup lebih produktif

Melakukan kegiatan menulis sebelum memulai hari ternyata memiliki manfaat besar. Terutama membantu otak manusia untuk lebih fokus memulai kegiatan di hari itu.

7.    Membantu mencapai tujuan

Menulis resolusi atau rencana ke depan dapat membantu Anda meraih kesuksesan. Ketika orang menuliskan tujuannya, alam bawah sadarnya senantiasa tergerak untuk mengingatkan tujuan yang pernah dibuat.

8.    Menghasilkan uang

Tulisan juga bisa menghasilkan uang. Ada sejumlah profesi yang basic utamanya menulis, seperti content writer, copywriter, penulis naskah, penerjemah, jurnalis, blogger dan lainnya.

 

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama