Ini Tips Mudah Belajar Menulis

Image from Freepik

Menulistidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan mudah asalkan rutin dilakukan. Sesungguhnya menulis merupakan ketrampilan sehingga idealnya rutin dipraktekkan.

Lalu mulai dari mana harus menulis? Bagaimana cara menulisnya? Berikut  tips menulis yang dirangkum tim pintasnews.com :

1.    1. Tentukan tema

Sebelum menulis, tentukan dulu tema apa yang akan diambil. Misalnya ingin mengambil tema tentang Covid-19.

Lalu bagaimana menentukan tema? Bisa dimulai  dari hobi atau Anda menyenangi apa. Menulis sesuatu tentang hobi tentu akan lebih menyenangkan sehingga tulisan bisa mengalir lancar.

Bisa juga mengambil tema dari sesuatu yang saat ini tengah viral atau ramai diperbincangkan.

2.   2.  Tentukan angle atau sudut pandang

Pengambilan sudut pandang bisa membuat tulisan yang dibuat lebih fokus. Misalnya sebuah tema besar ditentukan, yaitu menulis Covid-19. Dari situ bisa diambil satu sudut pandang seperti perjuangan dokter yang berjaga di wisma atlet atau perasaan pasien Covid-19 yang harus isolasi mandiri terpisah dari keluarganya.

Bila tertarik dengan tema tanaman, maka bisa dimulai dari bagaimana merawat satu tanaman tertentu. Misalnya bagaimana sebaiknya merawat tanaman janda bolong. Pada tulisan juga bisa dicantumkan harga tanaman itu dan bagaimana sang penulis bisa mendapatkan tanaman hias itu.

3.   3.  Perbanyak literatur.

Kemampuan menulis sesungguhnya berbanding lurus dengan kemampuan membaca. Semakin banyak membaca, kemampuan menulis bisa terasah.

Untuk itu sangat penting memulai menulis dari sesuatu yang kita gemari, sehingga saat mencari literatur atau sumber-sumber informasinya juga dengan senang hati akan kita lakukan.

Yuk mulai menulis, selamat mencoba…..

                                                                                                                                                                    


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama