Alami Biduran, Ini Cara Alami Mengatasinya

Foto Ilustrasi


Pernah merasakan gatal di kulit yang dibarengi dengan bentol-bentol beragam ukuran dan berwarna kemerahan? Mungkin Anda mengalami biduran atau kaligata. Lalu apa penyebab biduran? Beragam. Bisa karena reaksi alergi, karena stress, reaksi terhadap suhu tertentu baik panas maupun dingin dan lainnya.

Dalam kondisi normal, biduran akan hilang dengan sendirinya. Namun seringkali gatalnya tak tertahankan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara alami yang bisa digunakan untuk mengurangi gatal dan ruam saat biduran:

1.      1. Kompres dengan air dingin

Es  Es batu dibalut menggunakan kain atau handuk bersih. Kain atau handuk tersebut selanjutnya        diletakkan atau dikompreskan ke bagian kulit yang mengalami biduran. Hindari penggunaan air panas    untuk mengompres biduran.

Pe  Penggunaan air panas justru akan meningkatkan risiko iritasi pada kulit.

2.     2.  Lidah Buaya

LiL Lidah buaya memiliki efek mendinginkan pada kulit. Sehingga bisa meminimalisir iritasi dan mengurangi  rasa gatal.

Ol Oleskan daging lidah buaya pada kulit yang mengalami biduran. Pastikan daging lidah buaya yang berbentuk gel dioleskan secara merata sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal.

  Dilansir dari Healthline, lidah buaya memiliki senyawa antiinflamasi sehingga dapat cukup efektif mengatasi kulit yang mengalami biduran.

3.     3.  Minyak kelapa

MInyak kelapa memiliki beragam manfaat karena sifat antibakteri yang dimiliki, Minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit.

Oleskan minyak kelapa pada kulit yang mengalami gatal akibat biduran. Lakukan berulang dan rutin untuk mengurangi efek gatal di kulit.

4.    4.   Oatmeal

Ternyata oatmel tidak hanya bisa dimakan lho. Tapi juga dapat mengobati iritasi kulit akibat biduran. Caranya dengan mengoleskan oatmeal  yang sudah dicampur dengan air ke kulit yang gatal seperti hendak luluran.

Setelah itu, bilas dengan air hangat atau dingin. Tidak dengan menggunakan air panas.
Oatmeal memiliki kandungan asam salisilat alami yang tinggi sehingga dapat meredakan peradangan pada kulit.

5.   5.    Soda kue atau baking soda

Soda kue memiliki kandungan nahcolite yang merupakan bagian dari mineral alami dan sejak zaman kuno telah digunakan sebagai penenang dan pembersih kulit.


Campurkan satu sendok the soda kue dengan air dingin hingga membentuk seperti adonan pasta. Lalu gosokknya pada area yang gatal akibat biduran. Biarkan mengering selanjutnya bilas bersih.

 


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama